» » Kamus Bahasa Batak Toba

Kamus Bahasa Batak Toba

Mungkin Cukup banyak diantara kita orang suku Batak Toba yang tidak mengerti bahasa Batak? banyak saja alasan yang terucap. Ada yang beralasan mengerti mengartikan bila mendengar orang sedang berbahasa Batak tetapi tidak mengerti untuk mengucapkannya, ada juga yang beralasan mengerti sedikit, bahkan ada yang mengakui tidak mengerti bahasa batak sama sekali.

Sangatlah malu melihat hal tersebut, karena di belakang nama kita diikuti dengan Marga/ Boru kita tetapi tidak mengerti bahasa Batak. Atau maukah anda disebut dengan kata “DALLE”? Sebagai bahan memotivasi anda betapa pentingnya sebagai orang batak mengerti bahasa Batak, mungkin kita patut untuk melihat keteladanan video lagu yang dinyanyikan trio anak-anak di bawah ini:


Tidak ada kata terlambat untuk belajar mengerti bahasa Batak Toba, sebagai bahan pembelajaran mungkin anda memerlukan sebuah kamus Batak Toba??? Yah, itulah yang sedang anda perlukan saat ini selain belajar langsung dengan orang yang megerti bahasa Batak Toba.

Pada artikel kali ini saya coba membantu anda mencarikan kamus bahasa Batak Toba tersebut, dapat di Download Disini.


Untuk mengekstrak file tersebut masukkan kata sandinya: siraitmargaku

Setelah anda mendownloadnya langsung saja install kamus tersebut hingga proses selesai. Bila kamus tersebut dijalankan, kira-kira akan terlihat seperti gambar di bawah ini:


Sebagai contoh pada gambar di atas bila kita masukkan kata “hasian” maka akan muncul apa arti dari kata tersebut pada panel sebelah kanannya.
Untuk selanjutnya silahkan anda mengisikan bahasa batak lainnya yang ingin anda ketahui artinya, semoga bermanfaat.

Jadi naparpudi tarsongon hatani umpasa namandok:
Bidang siberongon, manatap sian dolok panatapan..
Sai anggiat ma marguna soratan on, manambai parbinotoan..

Horas…..!

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya